Tantangan Dan Peluang Generasi Milenial Pada Era Globalisasi Didalam Pendidikan Pancasila

Kantor Berita Patriot Semeru,
Tajuk : Opini Citizen Jurnalism

Penulis : Ridwan Maulana Hanafi
Prodi    : Manajemen - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Globalisasi, menyebutkan kata itu pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Globalisasi adalah proses dimana masuknya unsur-unsur dunia. Dengan kata lain yaitu dimana kita akan memperoleh informasi dan membangun sebuah hubungan dengan cepat walaupun berbeda tempat atau jarak jauh sekalipun dengan adanya teknologi yang berkembang pada saat ini.
Pada zaman sekarang globalisasi adalah sebuah tantangan untuk kaum milenial sekaligus peluang, yang dimaksud tantangan dan peluang disini adalah bagaimana cara pemanfaatan teknologi-teknologi yang beredar luas sekarang ini. Mulai dari internet, sosial media, dan lain-lain.
Dengan adanya teknologi yang semakin maju maka kita akan lebih mudah untuk mengakses sesuatu yang kita inginkan, contohnya untuk mengetahui berita terkini baik berita dalam negeri bahkan luar negeri. Tak hanya itu kita juga akan lebih mudah mendapatkan sesuatu yang kita inginkan lewat teknologi yang ada, contohnya adalah ketika dulu kita ingin membeli sesuatu maka harus datang ke toko atau tempat perbelanjaan lainnya tetapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya onlineshop jadi tidak perlu lagi datang ke tempat perbelanjaan.
Perlu diketauhui bahwa dampak globalisasi tidak hanya positif saja seperti diatas, bahkan dampak negatifnya juga sangat banyak. Maka dari itu globalisasi menjadi sebuah tantangan untuk kita semua bagaimana cara kita mengelolah dengan baik teknologi yang ada pada saat ini.
Oleh karena itu, dengan adanya globalisasi ini kita harus tetap menjaga norma-norma yang sudah ada dan yang sudah ditetapkan. Karena tak memungkiri bahwa dampak negatif dari globalisasi ini sangat banyak, karena ruang lingkup globalisasi ini sudah membawa pengaruh terhadap bidang kehidupan lainnya mulai dari ekonomi, sosial budaya, politik bahkan sampai pendidikan. 
Kita sebagai kaum milenial, harus pandai-pandai mengambil keputusan di era modern seperti sekarang. Karena ketika kita salah dalam mengambil keputusan dalam pemanfaatan teknologi saat ini maka kita akan terjebak dalam dampak negatif dari perkembangan zaman atau globalisasi ini.
Banyak sekali kita temukan orang-orang yang sudah melupakan adat istiadat yang sudah ada karena disebabkan oleh perkembangan teknologi. Oleh karena itu pendidikan pancasila sangat berperan penting dalam menghadapi globalisasi ini, karena didalamnya jelas diajarkan bagaimana cara menamkan nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan pancasila sebagai idiologi bangsa.
Dan peluang kita pada era modern seperti sekarang sangatlah besar dalam mengembangkan sesuatu. Contohnya ketika kita berbisnis kita bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk mempermudah pekerjaan kita. Tak hanya itu saja masih banyak hal yang bisa kita kembangkan dengan adanya teknologi-teknologi yang ada seperti internet saat ini.
Jadi bisa kita simpulkan dari penjelasan di atas bahwa tantangan dan peluang generasi melinial pada saat ini adalah bagaimana cara memanfaatkan teknologi-teknologi yang terus berkembang pada saat ini, dan tetap berpegang kepada nilai-nilai yang tekandung dalam pancasila agar kita selalu didalam rana yang positif dalam menghadapi perkembangan zaman pada saat ini.
(Redaksi)

0 Response to "Tantangan Dan Peluang Generasi Milenial Pada Era Globalisasi Didalam Pendidikan Pancasila"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel