Polres Lumajang Kerahkan Puluhan Personel Amankan Upacara Melasti di Pantai Watu Pecak

Kantor Berita Patriot Semeru.com
Lumajang - Puluhan personel Polres Lumajang berpartisipasi menjaga keamanan dalam kegiatan Melasti umat Hindu dalam rangka hari raya nyepi bagi umat beragama Hindu menyambut tahun baru saka 1946/2024.
Guna untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara melasti di Pantai Watu Pecak, desa Selok Awar-Awar, kecamatan Pasirian, kabupaten Lumajang, Minggu (3/3/2024). 














Ribuan masyarakat umat hindu kabupaten Lumajang dan Probolinggo memenuhi pantai yang menjadi tempat lokasi melasti. 
Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, S.I.K. melalui Kasubsi Pidm Sihumas Polres Ipda Sugiarto, S.H., mengatakan, pihaknya mengerahkan sedikitnya puluhan personel untuk mengamankan ritual "Melasti" yang dilaksanakan umat Hindu menuju Pantai Watu pecak. 
Puluhan personel terdiri 50 personel Polres Lumajang, 10 personil Polsek Pasirian, 6 personil koramil Pasirian, 20 anggota SKD desa Selok Awar-Awar dan 10 anggota Banser.
"Pengamanan dan pemantauan juga dari Sat Intelkam Polres Lumajang dan Kanit Intelkam Polsek Pasirian," ujar Ipda Sugiarto. 
Pihaknya sudah memerintahkan anggotanya untuk berbagi tugas dalam penjagaan pelaksanaan perayaan Hari Raya Nyepi bagi umat beragama Hindu menyambut tahun baru saka 1946/2024.
 “Seperti berjaga-jaga melakukan pengaturan lalu lintas, menghindari kemacetan arus lalu lintas, yang bertujuan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan umat Hindu dalam melaksanakan upacara keagamaannya,” jelasnya. 
Dalam acara tersebut dihadiri sekitar 2.500 umat Hindu, yang berasal dari umat Hindu Kab. Lumajang, wilayah kecamatan Sumber Probolinggo dan dari Pura Mandhara Giri Semeru Agung, desa Senduro kabupaten Lumajang.

0 Response to "Polres Lumajang Kerahkan Puluhan Personel Amankan Upacara Melasti di Pantai Watu Pecak "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel