Perayaan Karnaval di Malang Dimeriahkan Dengan Sound System

Kantor Berita Patriot Semeru.com
Rubrik : Opini Citizen Jurnalism

Oleh : Sefti Tri Wahyuni
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
            Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Budaya Indonesia sangat beragam dengan kebiasaan serta kegemaran masyarakat sangat banyak yang menimbulkan keunikan tersendiri, salah satunya Sound System yang menjadi kegemaran masyarakatd dalam setiap acara. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi terpadat kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Di Jawa timur tahun-tahun ini lagi booming Sound Sistem dengan suara yang sangat keras dan bisa njebol telinga anda. Tepatnya di Kabupaten Malang, Jawa Timur hampir setiap tahunnya diadakan karnaval salah satunya untuk memperingati 17 Agustus hari kemerdekaan indonesia. Karnaval ini bisa selengarakan sampai lingkup kecamatan bahkan desa/kelurahan mengadakan karnaval guna hiburan atau ajang penampilan kreasi, kreatifitas, serta kekompakan setiap peserta parade karnaval. Salah satu yang unik karnaval di Kab Malang adalah setiap peserta parade karnaval mendatangkan beberbagai jenis sound system dari berbagai daerah, untuk memeriakan karnaval yang diadakan oleh penyelenggara. 
Saat ini parade karnaval dengan medatangkan sound system dengan harga yang fantatis menjadi suatu hiburan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sound System yang menjadi daya tarik masyarakat selain suara terdapat dekorasi, desain, dan perangkat lain yang menjadi ciri khas dari masing-masing sound system salah satunya lighting. Dengan adanya keunikan setiap sound system peserta parade karnaval rela mengeluarkan uang guna menyewa sound system untuk menemani saat pertunjukan kreatifitas setiap peserta parade karnaval.
Kegembiraan Masyarakat dengan hadirnya Karnaval mengunakan Sound System
Karnaval mengunkan Sound System ini mulai muncul kembali, yang sebelumnya dua tahun kebelakangan kegiatan ini vakum sebab covid-19, sehingga para pemilik sound system mengalami penurunan penyewaan. Perayaan kemerdekaan indonesia yang ke 77 menjadi moment masyarakat melalukan kegiatan diiringi dengan sound system tak hanya sound system local saja yang diikut sertakan tetapi souns system dengan kualitas terbaik dan harga sewa yang mahal menjadi daya tarik dalam kegiatan tersebut. Harga setiap sound system yang disewa beragam mulai 10 juta hingga 50 juta setiap Rt mengumpulkan uang dengan cara patungan untuk menyewa sound system yang terbaik demi gengsi dengan Rt lain.Top of Form
Bottom of Form
Namun dengan harga segitu sepadan dengan suara Sound Sistem yang mereka sewa. Bahkan tahun kemarin sebelum adanya covid-19 ada sound sistem yang memecahkan kaca warga, ada pula asbes dan genteng yang rontok terkena imbas suara Bass dari sound sistem tersebut.
Kegiatan masyarakat yang melibatkan sound system juga menimbulkan masalah sosial dimasyarakat seperti adanya kerusakan kaca disekitar tempat penyelenggaraan, kerusakan ini diakibatkan oleh kerasnya suara dari sound system dan terganggunya masyarakat yang tidak menyukai dengan kerasnya suara sound system bahkan pernah terjadi beberapa orang pingsan. Jenis kerusakan biasanya diganti oleh pihak sound system.
Masalah Sosial mengunakan sudut pandang Auguste Comte
Jika mengunakan sudut pandang Auguste Comte dalam masalah sosial akibat sound system yakni setiap kegemaran masyarakat yang berhubungan dengan nada keras yang dapat menganggu pendengaran selalu ada dampak positif dan negatif. Dampak negatif akan dirasakan bagi orang-orang yang tidak menyukai sound sistem begitupun sebaliknya dampak positif akan dirasakan orang yang gemar dengan sound system. Ketidak samaan selera dari setiap orang ini menimbulkan masalah sosial yang terjadi dimasyarakat baik masalah fisik maupun masalah batin yang membuat salah satu pihak tertekan. 
Dengan adanya masalah sosial seharusnya penyelenggara kegiatan, melakukan kegiatan tersebut di lapangan atau di tempat terbuka lainnya seperti jalan lintas selatan yang masih sepi pemukiman penduduk bukan dijalanan umum yang padat pemukiman penduduk. Agar masalah sosial dalam maasyarakat tidak menjadi penghambat dalam kehidupan bermasyarakat.
Jadi, sound system merupakan salah satu kegemaran masyarakat di daerah Malang sebab sound system sendiri memiliki cirikhas dan keunikan tersendiri yang membuat daya tarik dimasyarkat umum mulai dari kalangan anak kecil, remaja, sampai orang tua banyak yang menyukai sound system.
(Redaksi)

0 Response to "Perayaan Karnaval di Malang Dimeriahkan Dengan Sound System"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel