Upacara Melasti di Ranupane di rayakan oleh umat Hindu

Kantor Berita Patriot Semeru,

Lumajang - Upacara Nyepi di Lumajang merupakan tradisi rutin yang dilakukan oleh seluruh umat Hindu. Dalam perayaannya, Anda akan mendapati beberapa sesi upacara yang dilakukan sebelum Nyepi. Salah satu sesi tersebut adalah pelaksanaan upacara melasti di Kabupaten Lumajang Upacara ini, merupakan bagian dari penyucian diri yang dilakukan oleh seluruh umat Hindu Lumajang.

U[pacara ini, dalam pelaksanaannya dilakukan biasa dilakukan di area tepi pantai. Penyucian yang dilakukan oleh umat Hindu Lumajang, bertujuan untuk membersihkan diri dari berbagai tindakan dan perilaku buruk yang pernah dilakukan. Selanjutnya, mereka pun akan membuangnya ke laut. Di waktu yang sama, pembersihan juga dilakukan pada berbagai perlengkapan persembahyangan yang ada di pura.

Waktu Pelaksanaan Upacara Melasti di Lumajang

Seperti yang telah dijelaskan, pelaksanaan upacara melasti di Lumajang dilakukan sebagai rentetan perayaan Upacara Nyepi. Masyarakat Hindu di Lumajang biasanya mengadakan upacara ini pada rentang antara 2 sampai 4 hari sebelum Hari Raya Nyepi. Karena hanya dilakukan pada waktu Nyepi, upacara melasti merupakan upacara khusus yang dilakukan hanya satu tahun sekali.( dpk peradah lmjg )

0 Response to "Upacara Melasti di Ranupane di rayakan oleh umat Hindu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel