Ranupane Riwayatmu Dulu ,Kini Tak Seindah Namamu

Kantor Berita Patriot Semeru.com
   Tajuk             :.  Opini  Essay
   Penulis oleh :. Eko Andrias Nugroho
                           Wartawan patriotsemeru.com
                           Universitas Merdeka Malang
                            Jurusan Ekonomi Manajemen
                             Fakultas Kepariwisataan

   Nama Ranupane terletak di kaki lereng Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Jawa timur. Dulu Ranupane adalah sebuah danau yang indah, airnya jernih dan memiliki luasan yang cukup luas  dengan panorama alam yang menawan. Tetapi kini sudah berubah. Air nya sekarang keruh, mengalami pendangkalan, luasan danau berkurang menjadi seperempat dari luas nya dulu. Wajah Ranupane kini tak ubahnya bak sebuah rawa. Ikon wisata yang diunggul-unggulkan oleh Pemerintah Daerah Lumajang laksana sebuah impian yang tak terwujud.
foto: Ranupane Januari 2023

Mimpi menyulap Ranupane menjadi kawasan destinasi wisata bagi wisatawan luar seakan tidak bersambut. Kurang mampunya Dinas Pariwisata Lumajang 
 berinovasi dalam membuat daya tarik objek wisata agar mempunyai nilai jual untuk membuat jumlah kunjungan wisatawan luar datang ke Ranupane nyaris tidak tercapai.
 ketidakmampuan itu membuat sepinya wisatawan singgah dan berkunjung.
Meski sudah digelontorkan anggaran milyaran rupiah setiap tahun nya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang seperti pembangunan infrastruktur jalan yang menghabiskan puluhan milyar, pembangunan ampitheatre, rest area, pedesterian yang menelan anggaran milyaran rupiah  tetap saja tidak mampu menyedot animo wisatawan untuk berkunjung dan stay di ranupane.
Sebaiknya Pemerintah Daerah sebelum melakukan program kegiatan  harus melakukan kajian analisis yang matang dalam membuat perencanaan untuk jangka panjangnya bukan hanya asal-asalan agar penggelontoran anggaran milran rupiah tidak sia-sia dan dapat bermanfaat bagi daerah dalam meningkatkan ekonomi daerah dari sektor pariwisata. Meski Lumajang kaya dengan objek wisatanya akan tetapi belum mampu maksimal dalam mendatangkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata, masih jauh dari apa yang diharapkan.





 







0 Response to "Ranupane Riwayatmu Dulu ,Kini Tak Seindah Namamu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel