Gunung Semeru keluarkan letusan




Gunung Semeru Meletus 3 Kali, BPBD Lumajang: Lava Sejauh 200-300 Meter ke Arah Besuk Kebokan
Tampak menyala Lava turun dari puncak Gunung Semeru.* /@bbtnbromotenggersemeru/Instagram
"Perlu sahabat ingat kembali bahwa status Gunung Semeru masih dalam level II Waspada dan pendakian ke Gunung ini masih dibatasi hanya diizinkan sampai dengan Kalimati. Hal ini didasari pada rekomendasi PVMBG yang menyatakan bahwa masyarakat dihimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif G. Semeru sebagai alur luncuran awan panas," imbauan keterangan itu.
"Perlu diingat juga bahwa lama pendakian adalah 2 Hari 1 Malam. Jadi untuk yang memang ingin menuju puncak gemilang cahaya, mimin sampaikan untuk jangan memaksakan diri dan tunda niatnya dulu.
Karena sahabat juga harus mewaspadai gugurnya kubah lava dari Kawah Jongring Seloko. Untuk saat ini nikmati indahnya Ranu Kumbolo dulu yaa.. Jangan memaksa, karena tujuan akhir dari perjalanan ini adalah pulang dengan selamat kan?," keterangan itu.
Sebuah kiriman dibagikan oleh BBTN Bromo Tengger Semeru (@bbtnbromotenggersemeru)
Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Lumajang menyebutkan, terjadi guguran lava pijar sebanyak empat kali dengan jarak luncur sejauh 200-300 meter ke arah besuk kebokan pada periode pengamatan 27 November 2020 pukul 00.00-24.00 WIB.
"Jarak luncur guguran lava pijar tersebut sangat jauh dari pemukiman warga, sehingga hanyak terlihat sinar api dari kejauhan dan warga tetap tenang, karena hal tersebut merupakan aktivitas rutin gunung berapi yang aktif," ujarnya. 
Aktivitas Gunung Semeru pada pengamatan tersebut pula selama 24 jam tercatat mengalami gempa letusan sebanyak dua kali dengan aplitudo 10-16 mm berdurasi 50-82 detik.
Kemudian gempa guguran sebanyak tiga kali dengan amplitudo 2-6 mm selama 57-83 detik.
Gempa hembusan sebanyak 7 kali dengan aplitudo 3-7 mm selamat 42-84 detik, gempa tektonik lokal sebanyal satu kali dengan amplitudo 30 mm dan gempa tektonik jauh sebanyak tiga kali dengan amplitudo 7-14 mm.( from instagram)

0 Response to "Gunung Semeru keluarkan letusan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel