Nilai - Nilai Pancasila Dalam Budaya

Kantor Berita Patriot Semeru.com.     
 Tajuk : Opini, Citizen Jurnalism
Penulis oleh : Yanti Nur Imam Gulo
Prodi : Mahasiswi Pendidikan Fisika Universitas
              Kanjuruhan Malang
    Pancasila sejak 18 Agustus 1945 menjadi dasar negara, kemudian menjadi rujukan normatif  berjalannya pemerintahan Indonesia. Sebagai ideologi, Pancasila pada hakikatnya merupakan hasil pemikiran seseorang atau sekelompok orang sebagaimana ideology lain, Namun spesialnya Pancasila digali dan diangkat dari nilai-nilai adat-istiadat, nilai-nilai kebudayaan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebelum membentuk Negara. Secara kultural dasar-dasar pemikiran dan nilai-nilai tentang Pancasila berakar pada nilai-nilai kebudayaan dan nilai-nilai persatuan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.


Meskipun Pancasila lahir dari nilai-nilai adat istiadat dan kebudayaan, tetapi belum banyak penelitian yang tertarik untuk mengkaji dan menganalisis topik berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila dalam suatu kebudayaan. Padahal pembuktian nilai-nilai Pancasila sebagai bagian dari kebudayaan sangat diperlukan untuk memperkuat posisi strategis Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
Beberapa gambar provinsi di Indonesia sebagai berikut:
Adapun beberapa faktor penghambat yang mulai hilang pada nilai-nilai pancasila dalam budaya yakni:
Masuknya Budaya luar
Kita tidak asing lagi ketika mendengar kata budaya luar, karena sudah kita alami dizaman sekarang. Adanya budaya luar disebabkan oleh adanya krisis globalisasi yang meracuni Indonesia  Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan, sehingga masyarakat Indonesia lebih menyukai budaya luar terutama bagi kaum remaja sekarang kebanyakan yang lebih menyukai budaya luar. Baik dari segi makanan, pakaian, karakter bahkan cara berbahasa saja akan disukai dan semakin lama budaya yang sudah dibangun oleh masyarakat Indonesia mulai pudar.
 Karena sangat berdampak bagi Negara Indonesia jika budaya luar semakin dikembangkan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Dampak masuknya budaya asing antara lain. terjadi perubahan kebudayaan, pembauran kebudayaan, modernisasi, keguncangan budaya, melemahnya nilai-nilai budaya bangsa. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia perlu mempertahankan budaya kita dengan cara Memaksimalkan penetrasi dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya. Selektif terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia. Memperkuat dan mempertahankan jati diri bangsa agar tidak hilang. 
( Redaksi)



0 Response to "Nilai - Nilai Pancasila Dalam Budaya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel