Kesadaran Akan Nilai Pancasila Dalam kehidupan Generasi Milenial

Kantor Berita Patriot Semeru.com
Rubrik : Opini Citizen Jurnalism

Opini : brillian bima putra wardhana
fakultas : sains dan teknologi
progam studi pendidikan ipa
universitas pgri kanjuruhan malangg

 Nilai-nilai luhur pancasila haruslah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi semua kalangan, termasuk anak-anak usia dini. Sosialisasi pengamalan nilai-nilai pancasila bertujuan agar memiliki karakter warga negara yang baik serta berkemampuan, berkemauan, dan bertindak sebagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pengamalam nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bertujuan agar terciptanya kerukunan di negara Indonesia, tumbuhnya rasa kedisiplinan pada masyarakat Indonesia, dan sikap toleransi dan tidak membeda-bedakan orang lain. 
Pancasila juga merupakan pandangan hidup dan kepribadian bangsa yang nilai-nilainya bersifat nasional yang mendasari kebudayaan bangsa, maka nilai-nilai tersebut merupakan perwujudan dari aspirasi (cita-cita hidup bangsa). Dengan Pancasila, perpecahan bangsa Indonesia akan mudah dihindari karena pandangan Pancasila bertumpu pada pola hidup yang berdasarkan keseimbangan, keselarasan dan keserasian sehingga perbedaan apapun yang ada dapat dibina menjadi suatu pola kehidupan yang dinamis, penuh dengan keanekaragaman yang berada dalam satu keseragaman yang kokoh.
Sosialisasi pengamalan nilai-nilai pancasila bagi generasi muda bertujuan agar memiliki karakter dan kesadaran sebagai warga negara yang baik serta berkemampuan, berkemauan, dan bertindak sebagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, diharapkan generasi muda dapat memahami dan melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari kegiatan-kegiatan sederhana yang menggambarkan hadirnya nilai-nilai Pancasila tersebut dalam masyarakat. Misalnya saja, terjun pada kegiatan sosial bahu-membahu dalam ikut berpartisipasi membersihkan lingkungan, saling menolong, dan menjaga satu sama lain.
Penerapan nilai pancasila pada kehidupan generasi muda menumbuhkan rasa cinta kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa. Menumbuhkan rasa cinta kepada anggota keluarga. Menumbuhkan rasa cinta dan hormat kepada orang tua dan orang yang lebih tua.. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama. Dapat membentuk generasi muda yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.
Nilai-nilai Pancasila dapat dijadikan kerangka refleksi jati diri ketika nilai-nilai Pancasila dapat semakin di percaya. Nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dalam berbagai hal sebagaimana telah dipaparkan di atas, bahwa Pancasila bukan hanya dijadikan sebagai ideologi bangsa Indonesia, namun juga dijadikan sebagai pandangan dan pedoman hidup setiap masyarakat yang ada di tanah Indonesia. Nilai-nilai dalam Pancasila dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat. Pancasila merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.
(Redaksi)


0 Response to "Kesadaran Akan Nilai Pancasila Dalam kehidupan Generasi Milenial"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel