Wakil Bupati Ikuti Acara Launching Hasil SPI 2021 Secara Virtual UU

Kantor Berita Patriot Semeru
IMG

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati beserta Inspektur Inspektorat Lumajang, Mohamad Sunardi, mengikuti acara Launching Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2021 secara virtual, bertempat di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Kamis (23/12/21) siang.

Dalam kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian menyampaikan bahwa, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memberantas korupsi dan memulai perbaikan integritas yang diinisiasi oleh kementerian, lembaga serta pemerintah daerah, namun capaian tersebut belum memiliki ukuran yang optimal. Oleh karena itu, lewat SPI ini dapat membantu memetakan capaian upaya pemberantasan korupsi.

"SPI adalah survey yang dilakukan oleh institusi dalam memetakan dan monitor risiko korupsi dan meningkatkan kesadaran risiko korupsi serta perbaikan sistem pemberantasan korupsi," terangnya.

Selanjutnya, Mendagri mengapresiasi KPK dalam melakukan penilaian secara perspektif kepada pegawai internal, penerima pelayanan dan penilaian pembangunan. Ia juga menyampaikan, bahwa SPI telah menjadi program prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 - 2024.

"Mulai Tahun 2021 ini, hasil dari SPI akan menjadi salah satu komponen hasil dari indikator pemerintahan yang bersih dan bebas KKN dalam penilaian reformasi birokrasi," ungkapnya.

sementara itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri dalam sambutannya menerangkan, tema acara SPI Tahun 2021 kali ini, yakni "Mengukur Tingkat Korupsi Indonesia". Harapannya melalui SPI ini, dapat memberikan masukan kepada KPK dalam melaksanakan seluruh tugas untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia.

"Hasil dari SPI akan menjadi koreksi dan perbaikan bagi kita dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi," harapnya. (Kominfo-lmj/bob)

0 Response to "Wakil Bupati Ikuti Acara Launching Hasil SPI 2021 Secara Virtual UU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel