PESONA BUDAYA GONDANGLEGI

Kantor Berita Patriot Semeru.com
Rubrik : Opini Citizen Jurnalism


Penulis : Ika Fitriana
 Prodi : PPKn 
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Karnaval merupakan suatu pesta besar atau pameran pesta dalam rangka menghibur serombongan orang yang mengkombinasikan kegiatan untuk merayakan pawai budaya. Pawai budaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pawai adalah iringan orang, mobil, kendaraan, dan sebagainya. Sedangkan budaya memiliki arti adat istiadat atau sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang. Jadi pawai budaya merupakan sebuah bentuk acara yang menampilkan iring-iringan dari kelompok peserta yang membawa keunikan dari daerah masing-masing. 
Tujuan diadakan pelaksanaan pawai budaya atau karnaval  
Yaitu untuk memberikan wahana positif dan edukatif kepada warga masyarakat untuk menumbuhkan nilai kejuangan dan kegotong-royongan serta untuk menhibur orang untuk merayakan suatu hal seperti  memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenalkan dan memberitahu hasil suatu produk atau penawaran suatu produk kepada khalayak atau masyarakat sehingga mereka mengenal  dan kemudian melestarikannya. Dalam hal ini kita akan melihat banyak kostum, tarian, musik, dan permainan khas tradisional yang menarik.
Problematika dalam pawai budaya atau karnaval
Dari pagi hari hingga malam hari , kostum, dan sound sistem menjadi suguhan utama sebagai bentuk sambutan atau antusias untuk memeriahkan karnaval gondanglegi yang mengusung tema “ The splendor of costumes character “. 
Pada hari itu di Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur berbeda dengan hari-hari biasanya, di hari sabtu yang cerah pada tanggal 12 November 2022 ribuan warga dari berbagai daerah turun di sepanjang jalan dari MTsN 1 Malang Gondanglegi hingga finish perempatan MOERCOYO untuk menyaksikan pesona yang sangat istimewa dengan tema yang menarik untuk kali ini. Banyak warga yang menyaksikan mulai dari anak-anak, remaja , dan juga orang tua yang menyaksikan disepanjang jalur pawai. Tahun ini merupakan tahun ke-8 event tersebut dilakukan. Pada tahun ini juga tercatat 25 kontingen yang mengikuti event tahunan tersebut. Setiap peserta berlomba –lomba menampilkan kostum kreatifnya mulai dari kostum tradisional, kostum ala pejuang kemerdekaan hingga cosplay. 
Secara resmi, acara tersebut dibuka langsung oleh bupati malang, HM Sanusi. Yang mana dalam sambutannya ia mengapresiasi event pesona gondanglegi yang sudah digelar secara rutin selama 8 tahun terakhir ini. Sehingga saat ini sudah menjadi bagian dari agenda rutin Kabupaten Malang pada setiap tahunnya. Beliau juga mengatakan akan tetap mendorong kegiatan itu tetap menjadi hiburan di masyarakat dan ia berharap kreativitas dalam kegiatan itu lebih ditingkatkan lagi agar terus berkembang dan menyita perhatian publik. 
Solusi dari problematika pawai budaya 
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Budaya memang memiliki batas-batas tertentu, tapi jangan pernah membatasi kreativitas seseorang atau kelompok dalam pencarian jati diri dalam berkebudayaan. 
Disini teori ahli yang saya gunakan teori sosiologi George simmel. Sosiologi menurut George simmel adalah ilmu pengetahuan khusus yaitu satu-satunya ilmu pengetahuan analisis yang abstrak diantara semua ilmu pengetahuan kemasyarakatan yang mana masyarakat dapat terbentuk karena adanya interaksi, bukan adanya kelompok orang yang hanya diam.
Logika analisis pesona budaya Gondanglegi  dengan pendapat teori ahli George simmel adalah pesona budaya ini menciptakan banyak proses sosial diantaranya adalah interaksi antara peserta dengan penonton. Peserta akan melakukan pertunjukan dari berbagai macam kostum yang bertujuan untuk menghibur penonton dan juga untuk mengenalkan suatu budaya, sedangkan penonton menikmati pertunjukan untuk mengnyibukkan diri yang sebelumnya hanya diam" saja dirumah serta untuk menghibur diri dan mengenal budaya-budaya yang ada .
Dengan adanya kegiatan ini orang-orang yang sebelumnya hanya dirumah saja kini banyak menyaksikan karena kemegahan dari kostum yang dipakai oleh para peserta sehingga banyak menarik perhatian warga yang sebelumnya tidak suka dengan acara pawai namun saat ini menjadi suka.
Kesimpulan 
Indonesia memiliki budaya dan kesenian yang berjuta-juta. Budaya dan kesenian pada tiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda, dan menjadi kebanggaan yang akan dipertunjukan ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negari. Untuk mengenalkan dan memberitahu hasil suatu produk atau penawaran suatu produk kepada khalayak atau masyarakat sehingga mereka mengenal dan dan kemudian melestarikannya. 
(Redaksi)

0 Response to "PESONA BUDAYA GONDANGLEGI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel