Terang Sebagai Sumber Keselamatan Bagi Setiap Umat Katholik

Kantor Berita Patriot Semeru.com
Tajuk : Opini Citizen Jurnalism
Penulis : Albertus Alexander  Bramantya               
NPM : 180402080022
Tugas : Pendidikan Agama Katholik ( Opini ) 
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra          Indonesia
Fakultas : Bahasa dan Sastra
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang 

Menjadi terang adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap umat katholik. Mengapa demikian ? Karena, setiap umat katholik mendapatkan ajaran yang begitu baik didalamnya. Setiap kali kita mengikuti misa di gereja, kita sudah diangkat menjadi umat yang bersinar terang yang akan membawa damai di dalam mengikuti perayaan ekaristi tersebut. Sejatinya kita sebagai umat katholik harus bisa menjadi terang bagi siapapun di dalam kehidupan sehari – hari kita. Kita banyak menemukan hal – hal yang membawa kita kepada terang dunia, seperti menjadi orang baik, menjadi gembala yang baik, mampu menolong sesama dan berbuat baik terhadap sesama. Kendati demikian, dengan begitu kita sudah menjadi hamba Allah yang mampu memberikan sinar terang kepada sesame kita. Tak lepas dari sebuah kegelapan yang seringkali membuat kita takut dan kehilangan cerah dalam kehidupan tidak menjadi pengaruh yang buruk apabila kita mampu menjadi sumber kekuatan yang tetap memuliakan kerajaan Allah sebagai terang dan hebat di dnuia.
Pengaruh Yang Seringkali Meredupkan Terang Umat Katholik
Pengaruh yang seringkali muncul yaitu godaan iman kita akan perbuatan yang tidak baik. Terkadang membuat kita tidak berdaya melawannya dan merasa tidak bisa bangkit lagi untuk menjadi terang. Seperti godaan hawa nafsu, godaan untuk berbuat zinah, godaan untuk melakukan tindakan berbohong. Itu adalah contoh bagaimana kuasa kegelapan bersama iblis dan roh jahat yang ingin meredupkan terang kita. Maka dari itu, sebagai umat katholik yang percaya akan kristus ia akan diberi kekauatn iman serta hati yang kokoh agar tidak masuk kedalam kegelapan. Hal yang membuat umat katholim tidak bisa lepas dari kuasa kegelapan adalah lemahnya iman dan kadang lalai untuk tidak selalu mendekatkan diri dengan Tuhan. Tentu sebgai umat katholik yang beriman kita tidak mau kuasa kegelapan terus mengantui kita dan merusak pola kehidupan kita, sehingga kita tidak mampu terus bersinar menjadi terang untuk mewartakan kerajaan Allah. Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai umat katholik yang setia kepada ajaran kristus untuk selalu berdoa mohon kekuatan kepada Tuhan agar tidak terpengaruh olejh kuasa kegelapan. 
Roh kudus adalah pendamping hidup kita, setiap umat katholik dibekali rasa percaya diri untuk menjalani kehidupan menggereja dimanapun berada. Kita sebagai manusia harus memberi dampak yang baik bagi sekitar, bagaikan lilin yang tidak akan menerangi ditempat yang terang. Lilin akan lebih berguna jika ia diletakan ditempat yang gelap. Ajaran tersebut mengetahui bahwa Tuhan Yesus tidak pernah berhenti untuk mendorong umatnya agar senantiasa bisa menjadi terang bagi sesamanya. “Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan”. - Lukas 11 : 35.Seperti yang ada pada injil tersbut, sudah seharusnya kita belajar untuk menjadi terang bagi sesame dan akan kita bawa hingga kehidupan di masa yang akan datang nanti. 

Problematika Yang Terjadi Saat Menjadi Terang Bagi Sesama
Setiap apa yang hendak kita lakukan, pasrti ada resiko yang harus kita terima. Entah itu resiko kecil maupun resiko besar. Untuk menjadi terang bagi sesama, kita tidak perlu memikirkan bagaimana resiko yang harus kita tanggung seperti berbiuat kebaikan, menolong sesama yang sedang kesusahan, simpati terhadap sesama yang sedang tertimpa musibah. Itu adalah bentuk kepedulian kita untuk menjadi terang bagi sesama. Bagaimana kita berbuat baik jika kita masih memikirkan bagaimana resiko kedepannya, Sudah seharusnya, hendak kita untuk berbuat baik tanpa merasa keberatan dengan hal apapun. Karena Tuhan  Yesus telah mengajarkan bahwa cintailah sesamamu seperti kau mencintai dirimu sendiri. Tetap bersyukur dan tetap pada ajaran Tuhan Yesus, bahwa kita mampu untuk berbuat baik kepada sesama. Apa yang Tuhan kehendaki atas ajarannya pasti akan berdampak baik pada umatnya. Sebab ke 12 murid Yesus menjadi pengikut kristus yang baik dan menjadi terang bersama Tuhan Yesus. 

Dorongan dan Motivasi Untuk Menjadi Terang Di Lingkungan Sekitar
Di era digital dan perkembangan jaman ini, kekuatan pikiran positif akan menjadi pengaruh yang baik dalam menjalankan kehidupan sehari – hari. Setiap indiviu memiliki kesempatan untuk meraih apa yang diinginkan. Maka dari itu, tindakan, perbuatan, sikap dan kekuatan iman kita harus tetap konsisten didalam menggapai keinginan serta harapan yang kita inginkan. Agar kita tetap menjadi terang, bahwa roh kudus yang ikut serta bekerja dalam tubuh kita memberi makan dan arti bahwa tindakan kita menentukan kecerahan kita didalam terang kristus. Maka kita diajarkan untuk menjadi gembala, menjadi kekuatan kristus, menjadi arah dan teladan yang baik bagi siapapun dan menjadi terang akan kekuatan iman kita. Jangan pernah kita merasa tidak percaya diri akan kekuatan terang iman kita, tetapi kita harus mampu menjadi terang agar sesame kita menjadi pengikut kita dalam hal kebaikan. 
Doa Bapa kami yang berbunyi “Dimuliakanlah namaMu datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu, diatas bumi seperti di dalam surga berilah kami rejeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami dan janganlah masukkan kami kedalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.” Memberikan makna bahwa hendaknya kita sebagai umat katholik terdorong untuk selalu bersyukur, terdorong untuk selalu memuliakan nama Tuhan karena dengan cara yang diajarkan kita bersinar terang karena kekuatan kristus. Jangan pernah takut menghadapi tantangan apapun dalam hidup ini saudara, sebab Tuhan Yesus akan senantiasa menjadi sumber kekuatan dan perlindungan bagi kita semua untuk menjadi terangan di bumi dan disurga nanti. 
      (Redaksi)

0 Response to "Terang Sebagai Sumber Keselamatan Bagi Setiap Umat Katholik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel